Gili Trawangan di Lombok, Terlalu mempesona untuk dilewatkan

Para petualang sejati pasti tahu objek wisata yang satu ini. Dengan berjuta keindahannya banyak pelancong yang mengatakan bahwa Gili Trawangan di Lombok, Terlalu mempesona untuk dilewatkan. Pendapat ini tidak berlebihan karena memang gili trawangan sangatlah menarik untuk dikunjungi. Lombok memang sangat kaya dengan lokasi wisata menarik. Di artikel sebelumnya telah dibahas Gunung Rinjani di Lombok dan Pantai Senggigi. Keduanya memiliki keunikan masing masing. Silahkan dibaca kembali jika merasa ada informasi yang tertinggal. [caption id="attachment_15302" align="alignleft" width="372"]Senggigi Pantai Senggigi[/caption] [caption id="attachment_15298" align="alignleft" width="287"]Rinjani Gunung Rinjani[/caption]          

Rute menuju Gili Trawangan:

  1. Dari Bali Kebanyakan wisatawan yang akan ke Gili Trawangan menyempatkan diri untuk menginap di Bali atau di Lombok sebelum atau sesudahnya. Alternatif menginap di Bali ialah kawasan Kuta, Sanur dan Nusa Dua serta area sekitar karena jarak menuju pelabuhan Padang Bai dan pelabuhan fast boat lain menuju Gili Trawangan tidak terlalu jauh. Kebanyakan operator fast boat juga menyediakan penjemputan gratis dari wilayah ini ke pelabuhan kapal mereka. Ongkos menggunakan fast boat dari Bali langsung ke Gili trawangan berkisar Rp. 500.000 s/d Rp. 800.000 per orang sekali jalan.
  2. Dari Lombok Semenjak dipindahkannya bandara utama Lombok dari bandara Selaparang ke Bandara Internasional Lombok di daerah Kuta, jarak tempuh bagi wisatawan yang datang ke Lombok menuju Gili Trawangan menjadi lebih jauh dibandingkan sebelumnya. Perjalanan darat dari Bandara menuju Senggigi memakan waktu sekitar 1jam 45 menit. Sedangkan apabila anda ingin menggunakan penyeberangan reguler dari Pelabuhan Bangsal, masih diperlukan tambahan perjalanan darat dari Senggigi sekitar 45 menit menuju Pelabuhan Bangsal.Terdapat dua pilihan jalur yang biasa digunakan untuk menyeberang ke Gili Trawangan dari pulau Lombok, yakni pelabuhan Bangsal dan pelabuhan Teluk Kodek (Senggigi). Pelabuhan Bangsal Berjarak sekitar 45 menit berkendara dari Senggigi dan merupakan pelabuhan penyeberangan reguler yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar dari dan menuju Gili, baik Gili Meno, Gili Air maupun Gili Trawangan. Apabila anda menggunakan taksi, mereka tidak diizinkan masuk sampai ke pelabuhan, melainkan hanya sampai ke tempat sejenis terminal kecil yang disebut sebagai stasiun, dari sini anda bisa meneruskan perjalanan menggunakan kereta Cidomo. Jaraknya tidak terlalu jauh mungkin hanya sekitar 200 meter, sehingga sejatinya bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki, tentu saja dengan syarat tidak terlalu banyak barang bawaan anda. Pelabuhan Bangsal tidak terlihat seperti pelabuhan, hanya berupa bibir pantai dengan bangunan kecil dari kayu sebagai administrator sekaligus penjual tiket, serta beberapa kursi untuk menunggu. Ya, menunggu adalah hal penting di sini, karena perahu penyeberangan tidak akan berangkat bila penumpang belum memenuhi kuota yakni 20 orang. Setiap beberapa waktu sekali diumumkan melalui pengeras suara berapa total penumpang yang sudah mendaftar dan berapa orang lagi kekurangannya. Tiket penyeberangan melalui pelabuhan Bangsal sangat murah, yakni hanya Rp. 10.000 / Orang sekali jalan. Apabila anda tidak bersedia menunggu berlama-lama, anda bisa mencarter sebuah perahu sekaligus, harga carter sebuah perahu tertera di papan pengumuman tempat penjualan tiket, sekitar 200 – 250 ribu rupiah sekali jalan.
Pantai gili trawangan sangat kaya akan flora dan fauna, terutama kehidupan bawah lautnya. Berbagai spesies ikan hidup di sini menjadikan gili trawangan tempat yang sangat ideal untuk snorkeling maupun menyelam. [caption id="" align="aligncenter" width="800"]Gili Trawangan di Lombok, Terlalu mempesona untuk dilewatkan Indahnya Pulau Gili[/caption]

Estimasi biaya melancong ke gili trawangan.

Jika memperhatikan kualitas wisata yang akan kita jumpai, bepergian ke gili trawangan tidaklah seboros bepergian ke luar negeri (tentunya). Namun jika dibandingkan dengan beberapa wisata lain di indonesia, gili trawangan tidak termasuk dalam kategori murah. Secara kasat mata, Seorang backpacker sejati bisa menghemat banyak untuk menuju gili trawangan. Namun kenyataannya, Untuk ongkos pulang dan pergi Jakarta - Pantai Gili trawangan Penulis menghabiskan hampir 3 Jt Rupiah. Bagi yang belum tahu, rute menuju Pulau Gili Trawangan penuh dengan orang orang yang mencari kesempatan. Ada yang mencari rejeki dengan baik baik, ada juga yang sebaliknya. Nah Penulis merupakan salah satu 'Korban' yang tidak baik tersebut. . [caption id="" align="alignnone" width="788"]gili trawangan Gili Trawangan yang semakin memikat[/caption] .

0 Response to "Gili Trawangan di Lombok, Terlalu mempesona untuk dilewatkan"

Post a Comment